PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARCO) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VIII (Delapan) Program S1 Manajemen STIE Sultan Agung Pematangsiantar)

Desiana, Lusy and Lie, Darwin and Efendi, Efendi and Sherly, Sherly (2018) PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARCO) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VIII (Delapan) Program S1 Manajemen STIE Sultan Agung Pematangsiantar). Maker: Jurnal Manajemen, 4 (2): 7. pp. 62-71. ISSN 2502-4434

[thumbnail of 99-198-1-SM.pdf] Text
99-198-1-SM.pdf - Published Version

Download (395kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran brand image, persepsi konsumen, dan
keputusan pembelian di PT Indomarco Prismatama (Indomaret). 2. Untuk mengetahui pengaruh brand image dan
persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian di PT Indomarco Prismatama (Indomaret) baik secara simultan
maupun parsial.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kepustakaan dan lapangan. Jenis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data adalah data primer
dan data sekunder. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa STIE Sultan Agung
Pematangsiantar semester VIII T.A 2016/2017 dan sampel yang digunakan adalah 89 responden. Pengumpulan
data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Brand image sudah baik, persepsi konsumen
sudah baik dan konsumen setuju dengan keputusan pembelian yang dilakukan. 2. Hasil analisis regresi adalah Ŷ
= 9,952 + 0,558X1 + 0,280X2, artinya brand image dan persepsi konsumen berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian. 3. Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,855, artinya terdapat hubungan
yang kuat dan positif antara brand image dan persepsi konsumen dengan keputusan pembelian. Dan hasil
koefisien determinasi diperoleh nilai R Square = 0,730, artinya keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh brand
image dan persepsi konsumen sebesar 73%. 4. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak brand image dan
persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Indomarco
Prismatama (Indomaret) baik secara simultan maupun parsial.
Adapun saran dari penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatkan brand image, perlu dilakukan inovasiinovasi baru yang membuat konsumen menjadi nyaman berbelanja. 2. Untuk meningkatkan persepsi konsumen
sebaiknya Indomaret memperhatikan pesaing dan selalu mengecek stok barang di gudang. 3. Untuk keputusan
pembelian, perlu meningkatkan hal-hal baru seperti menyediakan wifi gratis, kopi siap seduh, dan tempat duduk
yang nyaman sehingga konsumen merasa nyaman berbelanja di PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Ilmu Ekonomi > S2 Ilmu Manajemen
Depositing User: Dr Efendi .,SE., MM
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:46
Last Modified: 19 Jan 2022 03:46
URI: http://repository.stiesultanagung.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item
View Item