PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. ALAM TERANG MANDIRI CABANG PEMATANGSIANTAR

Silalahi, Desi Ratnasari and Lie, Darwin and Butarbutar, Marisi and Efendi, Efendi (2018) PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. ALAM TERANG MANDIRI CABANG PEMATANGSIANTAR. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 2338-4328

[thumbnail of 2-3-1-SM.pdf] Text
2-3-1-SM.pdf - Published Version

Download (111kB)

Abstract

PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. ALAM TERANG MANDIRI CABANG PEMATANGSIANTAR

Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pengaruh promosi terhadap loyalitas konsumen pada PT. Alam Terang Mandiri cabang Pematangsiantar. Adapun metode penelitiaan yang digunakan adalah metode eksplanatori. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 107 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengukur loyalitas konsumen (Y) dan promosi (X) penulis menyebarkan kuesioner kepada para konsumen dan dianalisis dengan analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan regresi, korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan pengaruh positif variabel X terhadap variabel Y dengan persamaan regresi Ŷ= 0,15+1,00X. Kekuatan hubungan kedua variabel adalah kuat, ditunjukkan nilai r sebesar 0,62. Dari perhitungan koefisien determinasi di atas ditunjukkan bahwa tinggi rendahnya loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kegiatan promosi sebesar 38,30%, sedangkan sisanya 61,70% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitan seperti kualitas produk, pelayanan jasa dan kepuasan konsumen. Dari hasil pengolahan data kuesioner serta perhitungan data kuesioner, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada PT. Alam Terang Mandiri cabang Pematangsiantar. Hal ini dibuktikan secara matematis melalui uji hipotesis, dimana hasil uji t(hit)= 8,07 > t (tab)=1,98. Dalam kegiatan promosi diharapkan perusahaan harus lebih meningkatkan program promosi penjualan guna mendorong pembelian produk sehingga menciptakan loyalitas konsumen.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Ilmu Ekonomi > S2 Ilmu Manajemen
Depositing User: Dr Darwin Lie., SE., MM
Date Deposited: 20 Jan 2022 11:06
Last Modified: 20 Jan 2022 11:06
URI: http://repository.stiesultanagung.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item