Natalia, Natalia and Lie, Darwin and Butarbutar, Marisi and Efendi, Efendi (2013) PERANAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERAMIK GARUDA PT. GARUDA MAKMUR SENTOSA PEMATANGSIANTAR. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 1 (1). pp. 1-5. ISSN 2338-4328
![[thumbnail of 7-13-1-SM.pdf]](http://repository.stiesultanagung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7-13-1-SM.pdf - Published Version
Download (74kB)
Abstract
PERANAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERAMIK GARUDA PT. GARUDA MAKMUR SENTOSA PEMATANGSIANTAR
PT. Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan keramik merek Garuda. Dalam memasarkan produknya, PT. Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar mengalami kesulitan karena adanya persaingan yang ketat dengan merek keramik lainnya. Maka untuk menghadapi persaingan, PT. Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar melakukan berbagai kegiatan promosi kepada konsumen agar konsumen dapat mengenal keramik merek Garuda. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah melalui iklan yang dilakukan lewat media radio dan surat kabar. Selain itu juga PT. Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar melakukan kegiatan promosi penjualan yaitu dengan cara membagikan contoh produk gratis dan memberikan potongan harga kepada konsumen dan toko langganan yang membeli keramik Garuda baik dalam jumlah yang besar maupun jumlah yang kecil.Penulis menggunakan dua metode penelitian yaitu penelitan lapangan dan penelitan kepustakaan.metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari data primer dan skunder dan dianalisa dengan analisa deskriptif dan komparatif.Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi berperan dalam meningkatkan volume penjualan keramik Garuda. Hasil tersebut dinyatakan dalam hasil perhitungan analisis trend yaitu yang artinya bahwa promosi berbanding positip dalam meningkatkan volume penjualan keramik Garuda. Adapun saran dalam penelitian ini adalah Dalam upaya untuk meningkatkan volume penjualan keramik Garuda PT. Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar dimasa mendatang, diharapkan dapat meningkatkan biaya promosinya melalui mencetak brosur dan katalog yang dapat dibagikan kepada konsumen dan membagikan sampel produk baru gratis secara merata dan tepat waktu kepada toko langganan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Ilmu Ekonomi > S2 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Dr Darwin Lie., SE., MM |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 11:06 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 11:06 |
URI: | http://repository.stiesultanagung.ac.id/id/eprint/319 |