Salim, Justika and Lie, Darwin and Efendi, Efendi and Julyanthry, Julyanthry (2017) PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SEKOLAH YAYASAN PERGURUAN SULTAN AGUNG (Survei pada Siswa/i SMA Swasta Sultan Agung). Maker: Jurnal Manajemen, 3 (2). pp. 56-65. ISSN 2686-259X
![[thumbnail of 67-133-1-SM.pdf]](http://repository.stiesultanagung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
67-133-1-SM.pdf - Published Version
Download (103kB)
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penetapan harga dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Toko Sekolah Yayasan Perguruan Sultan Agung. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Populasinya adalah seluruh konsumen Toko Sekolah Yayasan Perguruan Sultan Agung yang berjumlah 146 orang. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode wawancara dan metode dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1. Penetapan harga, perilaku konsumen dan keputusan pembelian sudah baik. 2. Hasil analisis regresi Ŷ = 7,348 + 0,483X1 + 0,753X2, artinya penetapan harga dan perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 3. Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh r=0,761, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara penetapan harga dan perilaku konsumen dengan keputusan pembelian pada Toko Sekolah Yayasan Perguruan Sultan Agung. Tinggi rendahnya keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 57,9% oleh penetapan harga dan perilaku konsumen. 4. Hasil uji hipotesis H0 ditolak, artinya penetapan harga dan perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Sekolah Yayasan Perguruan Sultan Agung baik secara simultan maupun parsial.
Saran dari hasil penelitian ini. Penetapan harga dapat ditingkatkan dengan membeli alat tulis dari supplier yang menawarkan harga yang lebih murah, sehingga harga yang dijual lebih murah dari pesaing. Perilaku konsumen dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas dan kepuasan, sehingga teman memberikan masukan positif terhadap alat tulis kantor yang dijual. Keputusan pembelian dapat ditingkatkan dengan memperhatikan peningkatan pada penetapan harga dan perilaku konsumen seperti memberi potongan harga, menambah variasi, mengurangi produk yang harga murah tapi kualitasnya kurang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Ilmu Ekonomi > S2 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Dr Darwin Lie., SE., MM |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 08:51 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 08:51 |
URI: | http://repository.stiesultanagung.ac.id/id/eprint/444 |